You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Pekon Purawiwitan

Kec. Kebun Tebu, Kab. Lampung Barat, Prov. Lampung

Tasyakuran 4 Tahun Kepemimpinan, H. Parosil Mabsus, S.Pd. Gelar Sunatan Masal dan Pengajian Akbar


Tasyakuran 4 Tahun Kepemimpinan, H. Parosil Mabsus, S.Pd. Gelar Sunatan Masal dan Pengajian Akbar

Pada hari Rabu, 08 Desember telah diselenggarakan kegiatan sunatan masal dan pengajian akbar yang bertempat di kediaman Bupati Lampung Barat, Bapak H. Parosil Mabsus, S.Pd. Pekon Purawiwitan, Kecamatan Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka tasyakuran empat tahun kepemimpinan Bapak Bupati H. Parosil Mabsus, S.Pd dan Wakilnya Bapak Drs. H. Mad Hasnurin.

Menurut data yang telah kami himpun bahwa kegiatan sunatan masal ini diikuti sebanyak 100 anak dari 5 Kecamatan yaitu Kecamaan Kebun Tebu, Sumberjaya, Gedung Surian, Air Hitam dan Way Tenong, para peserta sunatan masal pun diberi bingkisan yang telah disediakan oleh pihak panitia. Sedangkan kegiatan Pengajian Akbar yang diisi oleh Ustadzah Qurrota A'yunin (Jakarta) berlangsung meriah karena antusias dan kerinduan masyarakat yang begitu besar dalam kegiatan ini. Selain itu, kegiatan ini dilanjutkan dengan pembagian insentif kepada guru ngaji, marbot dan imam masjid.

Dalam sambutan yang disampaikan Bapak Bupati Parosil Mabsus, menjelaskan terkait capaian 7 (Pitu) program yang menjadi janji kerja selama kepemimpinan beliau.

"Pitu program yang menjadi janji kerja kepemimpinan Bupati Parosil yaitu diantaranya, yaitu:

  1. Peningkatan Infrastruktur Mantap
  2. Penataan Kota Liwa Sebagai Budaya
  3. Semua Bisa Melanjutkan Sekolah
  4. Pelayanan Masyarakat Sehat
  5. Mensejahterakan Petani
  6. Masyarakat Berdaya Saing
  7. Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik serta Peningkatan Iman dan Taqwa.

Bupati dengan sapaan Pak Cik itu pun menyampaikan rincian mengenai Pitu Program janji kerja beliau, Peningkatan infrastruktur mantab, pembangunan jalan poros penghubung jalan  Kabupaten dan Kecamatan, pembanguan jembatan, irigasi, listrik dan sarana air bersih telah mencapai 80% paparnya.

Selanjutnya, Penataan Kota Liwa sebagai kota budaya, dalam program ini telah dilakukan penataan dan penataan ruang terbuka seperti alun-alun taman bermain yang ada di pusat Kota Liwa. Kemudian pembangunan sarana dan prasarna gedung budaya. Seharusnya pembangunan gedung budaya selesai pada tahun ini, tetapi karena dampak pandemi sehingga baru dapat diselesaikan tahun 2022 mendatang.

Kemudian, Program Semua Bisa Melanjutkan Sekolah Mengangkat guru honor murni menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak, pembagian seragam gratis bagi seluruh siswa-siswi peserta didik baru. selanjutnya beasiswa kedokteran dan beasiswa seni budaya yang diterima di perguruan tinggi negeri.

Selanjtnya, Program Pelayanan Masyarakat Sehat dengan peningkatan dan prasarana puskesmas berkapasitas rumah sakit tipe D. Adanya penambahan tenaga medis dan pramedis, perluasan jaminan kesehatan, serta adanya mobil ambulan hebat yang ada di 15 kecamatan.

Program selanjutnya yaitu Mensejahterakan Petani dengan pengoptimalisasi badan usaha milik pekon sebagai penyalur pupuk, menjadi ekspor kopi dan stabilisasi harga gabah, selanjutnya diberikannya bantuan hand tractor, pemberian bibit ikan dan bibit pohon.

Kemudian program selanjutnya Mewujudkan Masyarakat Berdaya Saing dan Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik. dengan upaya pemberdayaan pemuda dan kelompok perempuan melalui rumah produktif dan kreatif untuk menciptakan lapangan kerja. Pengembangan desa atau desa wisata, memfasilitasi perubahan alih status lahan kehutanan yang dikelola masyarakat menjadi hak milik, selanjutnya mempercepat penyelesaian penegasan tapal batas, meningkatkan insentif aparatur pekon, dan pelayanan publik yang mudah, cepat, tepat, murah atau gratis dan transparan.

Program terakhiryaitu Peningkatan Iman dan Taqwa dengan memberikan bantuan bedah rumah bagi rumah tidak layak huni, umroh dan meningkatkan insentif guru ngaji, imam masjid, marbot, aparatur dan masyarakat berprestasi, terakhir meningkatkan nilai serta jumlah penerima bantuan rumah ibadah dan pondok pesantren atau lembaga pendidikan keagamaan lainnya.

"Bapak/Ibu yang saya hormati dan banggakan, Saya H. Parosil Mabsus beserta Istri dan Bapak Drs. H. Mad Hasnurin beserta Istri, selaku Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat dengan segala kerendahan hati. Kami berempat memohon doanya agar setahun kedepannya kepemimpinan ini semakin diberikan kemudahan oleh Allah SWT. Semakin diberikan kebahagian dan apa yang menjadi janji, apa yang menjadi program kami dapat diwujudkan berkat dukungan bapak ibu semua."

( Sekertariat Harian Online PWT) 

Bagikan artikel ini: